Puting Beliung Terjang Desa Pematang Buluh, Delapan Rumah Rusak Berat

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Kriminal
Ilustrasi Jambi Satu

Tanjung Jabung Barat – Angin puting beliung melanda Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), pada Kamis sore (17/10/2024) sekitar pukul 15.36 WIB. Akibat dari bencana ini, delapan rumah warga mengalami kerusakan, dengan mayoritas kerusakan pada bagian atap rumah.

Salah satu warga yang rumahnya terdampak mengatakan, "Rumah kami rusak, rata-rata yang terkena adalah bagian atap. Angin puting beliung tadi cukup kencang." Kejadian tersebut terjadi di Dusun Pematang Payung, yang mengakibatkan kepanikan di kalangan warga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tanjabbar, Iswardi, mengonfirmasi bahwa sebanyak delapan kepala keluarga (KK) dengan total 25 jiwa terkena dampak dari angin kencang tersebut. "Hujan disertai angin kencang menyebabkan delapan rumah warga mengalami kerusakan berat, terutama di bagian atap," ujarnya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 100 juta. Sementara itu, beberapa warga yang rumahnya mengalami kerusakan memilih untuk mengungsi ke rumah kerabat, sementara sebagian lainnya tetap bertahan di rumah mereka untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

Kepala desa, warga setempat, dan tim gabungan dari TNI/Polri, Damkar, serta BPBD Tanjabbar terus bergotong-royong mengevakuasi korban dan membantu dalam proses perbaikan rumah yang rusak. "Sampai sore ini, kami masih berupaya membantu para korban untuk memperbaiki rumah mereka dan memastikan situasi terkendali," kata Iswardi.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, mengingat cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi selama masa pancaroba. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network