Tol Baleno Siap Uji Layak Fungsi: Menuju Pengoperasian Ruas Betung-Jambi

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno) yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera telah selesai 100% dan siap untuk uji layak fungsi. Apa saja tahapan yang harus dilalui sebelum tol ini resmi beroperasi?


Setelah berbulan-bulan dinantikan, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino (Baleno), yang menghubungkan ruas Betung hingga Jambi, akhirnya siap untuk memasuki tahap uji layak fungsi. Jalan bebas hambatan ini merupakan bagian penting dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antarprovinsi di Sumatera dan mempercepat mobilitas barang dan jasa di wilayah tersebut.

Menurut Ahmad Arief Teguh Budiharto, PPK Pembangunan Tol Baleno Seksi 3, pembangunan tol ini telah rampung pada akhir Agustus 2024, dengan infrastruktur selesai 100% sesuai kontrak. "Pihak Balai sudah bersurat kepada Menteri dan Dirjen bahwa tol sudah selesai dan meminta uji layak fungsi," ungkap Arief, yang dikutip dari Antara.

Proses uji layak fungsi ini akan melibatkan sejumlah institusi penting seperti Korlantas, Kemenhub, dan internal Kementerian PUPR. Hasil dari uji ini akan menentukan apakah tol ini sudah siap dioperasikan secara resmi. Setelah uji layak fungsi selesai, sertifikat layak operasi akan dikeluarkan, diikuti dengan surat keputusan penetapan tarif dari Menteri. Barulah tol ini siap diresmikan dan digunakan oleh masyarakat.

Meski infrastruktur tol telah selesai, sejumlah tahap persiapan akhir masih berjalan. Operator tol tengah memasang sensor-sensor dan CCTV untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. "Persiapan pengoperasian masih panjang, biasanya memakan waktu dua hingga tiga bulan setelah uji layak fungsi," tambah Arief.

Sistem pembayaran untuk pengguna tol juga sudah melewati tahap uji coba, khususnya pada sistem tap untuk transaksi non-tunai. "Uji coba dari pihak perbankan sudah berhasil, tinggal persiapan akhir dari tim operator sebelum siap digunakan," jelasnya.

Selain itu, fasilitas umum di sepanjang ruas Tol Baleno, seperti lampu penerangan jalan umum (PJU), sudah diuji coba dan berfungsi dengan baik. "Untuk PJU sudah semua, kami sudah coba. Yang masih dalam proses adalah VMS dan sensor-sensor operator yang sedang dipasang," kata Arief.

Dengan infrastruktur yang sudah siap, kini hanya tinggal menunggu arahan dari pusat terkait jadwal peresmian tol. Meskipun belum ada kepastian tanggal peresmian, optimisme tinggi di kalangan masyarakat bahwa tol ini akan segera menghubungkan Betung dan Jambi dengan lebih cepat dan efisien.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network