Kapolda Jambi Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024 di Tanjab Barat dan Muaro Jambi

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono, lakukan pengecekan kesiapan pengamanan Pilkada 2024 di Polres Tanjab Barat dan Muaro Jambi. Fokus pada netralitas dan sinergi untuk memastikan Pilkada yang aman dan damai.


Dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024, Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono, melakukan pengecekan langsung di Polres Tanjab Barat dan Polres Muaro Jambi pada Senin, 19 Agustus 2024. Kegiatan ini menjadi bagian penting dari upaya Polda Jambi untuk memastikan bahwa seluruh personel dan sumber daya siap menghadapi tantangan dalam pelaksanaan Pilkada yang aman, damai, dan adil di Provinsi Jambi.

Kapolda Jambi, yang didampingi oleh Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Hendri Hotuguan Siregar, Kabid Kum Polda Jambi Kombes Pol John H. Ginting, dan Kasubbid Provos Bidpropam Polda Jambi AKBP Yuyan Priatmaja, disambut langsung oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP Agung Basuki beserta jajaran PJU dan Kapolsek Polres Tanjab Barat setibanya di Polres Tanjab Barat.

Di lapangan Mapolres Tanjab Barat, Kapolda melakukan pengecekan kesiapan personel serta kendaraan dinas yang akan digunakan selama Operasi Mantap Praja, operasi yang dikhususkan untuk pengamanan Pilkada. "Kunjungan saya ke Polres Tanjab Barat ini guna memastikan bahwa sumber daya Polres Tanjab Barat siap menggelar Operasi Mantap Praja dari berbagai aspek. Saya berharap Pilkada di Tanjab Barat ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan adil," tegas Kapolda Jambi.

Kapolda Jambi juga menyoroti tantangan Pilkada Serentak 2024 yang diprediksi akan lebih kompleks dibandingkan pemilu sebelumnya. Menurutnya, isu politik identitas dan SARA, konflik agraria, perkebunan, serta tambang, masih menjadi potensi kerawanan yang dapat dimanfaatkan dalam kampanye hitam, terutama di media sosial. "Personel Polda Jambi dan jajaran harus memberikan contoh dengan menunjukkan sikap netral dan menyejukkan di tengah masyarakat," tambahnya.

Setelah memastikan kesiapan di Tanjab Barat, Kapolda Jambi melanjutkan pengecekan ke Polres Muaro Jambi. Setibanya di sana, Kapolda disambut oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Wahyu Bram dan jajaran PJU Polres Muaro Jambi. Dalam arahannya, Kapolda kembali menegaskan pentingnya netralitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi skenario terburuk yang mungkin terjadi selama Pilkada. "Agar membuat skenario situasi terburuk sehingga dapat mempersiapkan langkah-langkah dan upaya dalam penanganan situasi terburuk di Kab. Muaro Jambi," ujar Kapolda.

Kapolda Jambi juga mendorong sinergi antara Polri dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk menjaga keamanan dan kedamaian selama Pilkada. Selain itu, ia menekankan pentingnya penggunaan media sosial secara positif oleh para personel dan perlunya melakukan cooling system sebelum tahapan inti Pilkada dimulai. Koordinasi yang baik dengan KPU, Bawaslu, dan Pemda juga ditekankan sebagai bagian dari strategi pengamanan.

Dengan pengecekan ini, Kapolda Jambi menunjukkan komitmen Polda Jambi dalam menjamin pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang aman dan kondusif. Langkah ini menjadi krusial dalam menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan memastikan bahwa seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan tanpa hambatan yang berarti.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network