Netralitas ASN di Pilkada 2024: Sekda Batanghari Tegaskan Sanksi Pemecatan untuk Pelanggaran

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

Pemkab Batanghari tegaskan sanksi pemecatan bagi ASN yang tidak netral dalam Pilkada 2024. Pengamanan ketat dengan 628 personel juga disiapkan untuk menjaga kelancaran proses pemilu.


Batanghari – Menjelang pendaftaran calon kepala daerah pada Pilkada 2024, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari, Muhammad Azan, menegaskan bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Batanghari harus bersikap netral. Pelanggaran terhadap netralitas ini akan berujung pada sanksi tegas, termasuk pemecatan.

Azan menekankan pentingnya netralitas ASN selama pelaksanaan Pilkada serentak, yang akan dimulai dengan pendaftaran calon pada 27-29 Agustus 2024. Ia menegaskan bahwa sikap netral ASN adalah amanat undang-undang yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh ASN, TNI, dan Polri.

"Kita sama-sama memantau pelaksanaan Pilkada. ASN, TNI, Polri harus netral sesuai dengan undang-undang," ujar Azan usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Siginjai dalam rangka pengamanan Pilkada, Senin (26/8).

Azan juga mengingatkan bahwa ASN yang terbukti tidak netral akan dikenakan sanksi, mulai dari teguran hingga pemecatan, tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan. "Kalau ada oknum yang tidak netral, laporkan kepada kami. Ada tahapan sanksi, dan jika pelanggaran tergolong berat, pemecatan bisa dilakukan," tegasnya.

Kapolres Batanghari, AKBP Singgih Hermawan, yang turut hadir dalam apel tersebut, menegaskan kembali komitmen netralitas dari TNI dan Polri. "Kami, TNI dan Polri, netral dalam pelaksanaan Pemilu," ujarnya.

Dalam rangka mengamankan Pilkada serentak, Kapolres Batanghari, AKBP Singgih Hermawan, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Siginjai. Sebanyak 628 personel gabungan dari Polres Batanghari, Satpol PP, dan TNI akan dikerahkan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemilu.

"Kami siap menjaga dan mengawal pelaksanaan pemilu di Kabupaten Batanghari," ungkap Singgih, menambahkan bahwa personel akan ditempatkan di berbagai lokasi strategis, termasuk KPU dan Bawaslu, serta akan berpatroli untuk memastikan situasi tetap kondusif.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network