Hampir 2000 Pelamar CPNS Kota Jambi Bersaing untuk 60 Formasi, Fokus Selesaikan Permasalahan Honorer

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

Hampir 2000 pelamar bersaing untuk 60 formasi CPNS di Kota Jambi pada 2024. Pemkot fokus menyelesaikan masalah honorer tahun ini, dengan harapan lebih banyak formasi CPNS di masa depan.


JAMBI – Hingga Senin (2/9/2024), hampir 2000 pelamar telah memasukkan berkas lamaran untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 di Kota Jambi. Namun, hanya 60 formasi yang tersedia, dengan 30 formasi di sektor kesehatan dan 30 lainnya di sektor teknis.

Andika Wahyu, Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi (PPI) BKPSDMD Kota Jambi, mengungkapkan bahwa jumlah pelamar terus meningkat setiap jamnya, terutama menjelang batas akhir penerimaan.

"Cukup banyak dibeberapa hari terakhir ini," ujar Andika.

Formasi kesehatan yang dibuka termasuk untuk dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, hingga perawat. Sedangkan formasi teknis akan menempatkan pegawai di Satpol PP, Kominfo, hingga inspektorat.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) No. 6 Tahun 2024, batasan umur pelamar adalah minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Namun, untuk dokter spesialis, batasan umur maksimal diperpanjang hingga 40 tahun.

Proses penerimaan CPNS di Kota Jambi berlangsung dari 20 Agustus hingga 6 September 2024. Andika menyarankan para pelamar untuk memanfaatkan sisa waktu dengan baik dalam menyiapkan berkas lamaran mereka.

Andika juga menjelaskan bahwa sedikitnya jumlah formasi yang dibuka pada tahun ini dikarenakan Pemkot Jambi fokus pada penyelesaian permasalahan tenaga honorer. "Jadi sesuai amanat undang-undang, permasalahan honorer ini harus selesai pada Desember 2024," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa dengan selesainya masalah honorer, formasi CPNS di tahun berikutnya diharapkan bisa lebih banyak.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network