KPU Jambi Verifikasi Syarat Calon Gubernur: Haris-Sani Memenuhi Syarat, Romi-Sudirman Diberi Waktu Perbaikan

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Politik
IST

KPU Jambi verifikasi syarat calon gubernur: Pasangan Al Haris-Abdullah Sani memenuhi syarat, sementara Romi Hariyanto-Sudirman diberi waktu tiga hari untuk perbaikan dokumen. Kontestasi Pilgub Jambi periode 2024-2029 semakin memanas.


Jambi, 5 September 2024 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi telah menyelesaikan verifikasi administrasi syarat calon gubernur dan wakil gubernur Jambi untuk periode 2024-2029. Berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar pada Rabu malam, 4 September, pasangan bakal calon Al Haris-Abdullah Sani dinyatakan telah memenuhi syarat (MS) untuk melanjutkan ke tahap berikutnya dalam proses Pilgub Jambi.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Yatno, mengungkapkan bahwa dokumen syarat dari pasangan Romi Hariyanto-Sudirman dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS). Namun, pasangan ini masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki kekurangan dalam dokumen mereka.

"Romi-Sudirman diberikan waktu tiga hari, dari tanggal 6 hingga 8 September, untuk melakukan perbaikan dokumen. Selanjutnya, KPU akan kembali melakukan penelitian administrasi atas dokumen yang telah diperbaiki," jelas Yatno dalam keterangannya.

Proses penelitian ulang dokumen perbaikan akan dilakukan KPU mulai 6 hingga 14 September 2024. Setelah itu, KPU akan mengadakan rapat pleno kembali untuk menetapkan status akhir dari dokumen persyaratan calon hasil perbaikan tersebut.

Selain verifikasi administrasi, KPU juga telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan kedua pasangan calon dari Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi. "Hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan bahwa kedua pasangan calon dinyatakan layak tanpa ada masalah," tambah Yatno.

Sebagai informasi, pasangan Al Haris-Abdullah Sani diusung oleh koalisi besar yang terdiri dari 13 partai politik, termasuk PAN, PKS, PKB, Gerindra, Golkar, PDIP, PPP, Demokrat, Perindo, Partai Buruh, Partai Ummat, Garuda, PBB, dan Hanura. Sementara itu, pasangan Romi Hariyanto-Sudirman diusung oleh Partai NasDem, PSI, Gelora, dan PKN.

Pemilihan gubernur Jambi periode 2024-2029 ini diperkirakan akan menjadi salah satu kontestasi politik paling menarik di provinsi tersebut, mengingat kedua pasangan calon memiliki dukungan yang signifikan dari berbagai partai politik dan basis massa yang kuat.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network