Pemkab Sarolangun Gelar Rapat Koordinasi, Fokus pada Kesuksesan Pilkada dan Transparansi Dana Desa

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Daerah
IST

Sarolangun – Pemerintah Kabupaten Sarolangun mengadakan rapat koordinasi semester II dengan seluruh Kepala Desa (Kades), Lurah, dan Camat di wilayah tersebut, Kamis (17/10/2024). Acara ini dipimpin oleh Penjabat Sekda Sarolangun, Dedy Hendri, dengan tujuan mempersiapkan langkah-langkah untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak serta memastikan penggunaan Dana Desa yang transparan.

Dalam pertemuan yang turut dihadiri oleh Kajari, Kapolres, dan Pabung 0420/Sarko, Penjabat Sekda Sarolangun menekankan pentingnya menjaga netralitas seluruh perangkat desa dalam menghadapi Pilkada 2024. Ia berharap, suasana kondusif dapat terus terjaga demi mewujudkan Pilkada yang aman, damai, jujur, dan adil.

"Pertama, kita ingin suasana kondusif, sehingga kita harapkan semuanya bersikap netral. Mudah-mudahan pemilu kita berjalan dengan aman, damai, jujur, dan adil," ujar Dedy Hendri.

Selain fokus pada kesuksesan Pilkada, rapat koordinasi tersebut juga menyoroti pentingnya pengelolaan Dana Desa yang transparan dan tepat sasaran. Para Kades diingatkan untuk menggunakan Dana Desa demi kesejahteraan masyarakat dan melibatkan seluruh elemen desa, mulai dari perangkat desa hingga Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dalam proses perencanaan dan pelaksanaan.

"Keterbukaan dalam penggunaan Dana Desa sangat penting untuk menghindari kecurigaan. Libatkan semua orang, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya," lanjutnya.

Pemerintah Kabupaten Sarolangun juga mengingatkan bahwa pengelolaan Dana Desa harus sesuai dengan pedoman dari pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat, serta memprioritaskan program-program yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

Rapat koordinasi ini merupakan langkah penting dalam memastikan kesiapan seluruh elemen pemerintah di Kabupaten Sarolangun menghadapi Pilkada serentak dan mewujudkan pemerintahan desa yang akuntabel dan transparan. Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah dan para Kades, diharapkan kesejahteraan masyarakat Sarolangun dapat terus meningkat di masa mendatang.

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network