Gubernur Jambi Dorong Transparansi dan Evaluasi untuk Tingkatkan Pelayanan Publik di Provinsi Jambi

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Daerah
IST

Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi Jambi dalam konferensi pers yang diadakan pada Selasa (3/12/2024) di Hotel Aston, Kota Jambi.

Pernyataan ini disampaikan saat Penganugerahan Predikat Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Provinsi Jambi Tahun 2024, yang dihadiri oleh Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Jambi Saiful Roswandi, para Kepala Daerah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jambi, serta para penerima penghargaan.

Dalam sambutannya, Gubernur Al Haris menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

“Kami tidak bisa lagi bersembunyi dibalik kebohongan karena media sosial ini sifatnya lintas batas, dan terlihat semua dengan jelas oleh masyarakat. Kami tidak bisa sembunyikan lagi apa yang kita kerjakan semua tergambar dan tampak oleh masyarakat,” ujar Gubernur.

Pernyataan ini mencerminkan kesadaran pemerintah daerah akan pengaruh media sosial dalam mengawasi kinerja publik.

Gubernur Al Haris juga menyoroti pentingnya evaluasi kinerja sebagai upaya untuk memperbaiki pelayanan publik.

“Kalau ada masalah di bawah dan ada laporan yang muncul serta temuan baru, kita melakukan evaluasi dan perbaikan. Kita sering lupa bahwa kita adalah orang yang terpilih untuk melayani publik,” tambahnya.

Program Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diadakan tahun ini dianggap sebagai barometer penting bagi pemerintah provinsi dan instansi pemerintah lainnya untuk terus meningkatkan kualitas layanan.

Saiful Roswandi, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Jambi, menyatakan bahwa Penilaian atau Opini Pengawasan ini merupakan indikator kondisi pelayanan publik di Jambi yang diadakan setiap tahun.

“Kami berharap hasil Penilaian dapat meningkat, apalagi sudah disosialisasikan seperti saat ini. Kami meminta komitmen pimpinan setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan kepala daerah agar benar-benar serius memperhatikan fasilitas dan sumber daya manusia di aspek pelayanan,” ungkap Saiful.

Ia juga menekankan pentingnya fasilitas layanan seperti ruang tunggu dan toilet yang nyaman serta SDM yang kompeten.

Gubernur Al Haris berharap bahwa semua instansi pemerintah di Provinsi Jambi dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publiknya, memenuhi standar pelayanan, dan mendorong komitmen untuk meningkatkan kompetensi penyelenggara pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.

“Hasil dari penilaian ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan perbaikan yang berkelanjutan demi peningkatan kualitas dan mutu pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Dalam wawancaranya dengan media, Gubernur Al Haris juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ombudsman Republik Indonesia atas peranannya dalam penyerahan hasil Program Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024.

“Kami mengapresiasi kerja dari Ombudsman yang telah konsisten menilai setiap kinerja dan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintahan daerah, kepolisian, dan pertanahan. Penilaian ini penting untuk memastikan pelayanan publik yang cepat, berkualitas, dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat,” ujar Gubernur.

Gubernur Al Haris menutup sambutannya dengan mengajak semua instansi pemerintah di Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

“Standar pelayanan publik harus terus kita tingkatkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Penyelenggaraan pelayanan publik sebagai amanat negara harus benar-benar memenuhi kebutuhan dasar untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network