APBD Muaro Jambi 2025 Diprediksi Meningkat, Fokus pada Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Daerah
IST

APBD Kabupaten Muaro Jambi 2025 diprediksi meningkat, fokus pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Pj Bupati Raden Najmi memaparkan rincian anggaran dalam rapat paripurna DPRD.


MUARO JAMBI – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muaro Jambi untuk tahun 2025 diproyeksikan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pj Bupati Muaro Jambi, Raden Najmi, menyampaikan prediksi ini dalam rapat paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD 2025 yang berlangsung di ruang rapat DPRD Kabupaten Muaro Jambi.

Raden Najmi menjelaskan bahwa peningkatan APBD 2025 didorong oleh beberapa faktor, meskipun kondisi ekonomi global masih stagnan. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi tahun 2025 akan lebih bertumpu pada permintaan domestik, dengan fokus pada menjaga daya beli masyarakat, pengendalian inflasi, penciptaan lapangan kerja, serta dukungan program bantuan sosial dan subsidi.

"APBN 2025 dirancang untuk menjaga stabilitas, inklusivitas, dan keberlanjutan guna meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Najmi dalam pemaparannya.

Dalam rancangan APBD 2025, belanja daerah direncanakan sebesar Rp 1,52 miliar, naik dari Rp 1,47 miliar pada tahun 2024. Rencana belanja ini akan digunakan untuk memenuhi kewajiban mandatory spending, membiayai komponen belanja operasional, belanja modal, belanja tak terduga, dan belanja transfer.

Selain itu, Najmi mengungkapkan bahwa penerimaan pembiayaan pada APBD 2025 diperkirakan mencapai Rp 54,55 miliar, sementara pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 1 miliar yang dialokasikan untuk penyertaan modal pada Bank 9 Jambi.

"Saya berharap eksekutif dan legislatif dapat menyelesaikan Ranperda tentang APBD Kabupaten Muaro Jambi tahun 2025 sesuai jadwal yang telah kita sepakati bersama," tambahnya.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua sementara DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Aidi Hatta, dan dihadiri oleh puluhan anggota DPRD serta para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network