DPC GMNI Jambi Apresiasi Keputusan DPR RI dan KPU RI yang Mengakomodasi Putusan MK, Siap Kawal Hingga Pendaftaran Pilkada

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

GMNI Jambi apresiasi keputusan DPR RI dan KPU RI yang mengakomodasi Putusan MK dalam PKPU 2024. Ketua GMNI Jambi Hendro Silaban tegaskan akan terus mengawal proses hingga pendaftaran calon kepala daerah serentak.


Jambi— Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jambi menyampaikan apresiasi atas keputusan yang telah disepakati oleh Badan Legislasi DPR RI bersama dengan KPU RI untuk merujuk pada hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Langkah ini dianggap sebagai wujud komitmen dalam menegakkan hukum dan demokrasi di Indonesia.

Aksi unjuk rasa yang sempat digelar oleh GMNI Jambi beberapa hari yang lalu di Gedung DPRD Provinsi Jambi dengan tuntutan agar DPRD Provinsi Jambi menyatakan sikap mendukung hasil putusan MK nomor 60 dan 70 akhirnya membuahkan hasil positif. Pada Minggu pagi (25/08/2024), rancangan PKPU nomor 8 tahun 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah telah mengakomodasi Putusan MK tersebut, yang diketok dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPR, KPU, dan Kemenkumham RI.

Hendro Silaban, Ketua DPC GMNI Jambi, menegaskan bahwa meski hasil yang dicapai memuaskan, pihaknya akan tetap siaga dan terus mengawal keputusan MK hingga proses pendaftaran calon kepala daerah serentak yang dijadwalkan pada 27 Agustus 2024 mendatang.

"Kami dari DPC GMNI Jambi akan tetap mengawal hasil keputusan MK hingga pada pencalonan kepala daerah. Belajar dari insiden-insiden sebelumnya, kami tidak ingin terkecoh lagi dengan ketetapan-ketetapan yang kapan pun bisa saja diubah oleh elit-elit politik yang tidak berpihak kepada rakyat," tegas Hendro Silaban.

Sejalan dengan pernyataan Ketua DPC GMNI Jambi, Koordinator Umum Aksi Unjuk Rasa Dandi Bratanata Tarihoran juga dengan tegas menyampaikan bahwa setiap unsur dan lembaga yang mewakili kemaslahatan rakyat harus menghargai dan menjalankan keputusan yang telah dikeluarkan oleh MK. "Kami berharap semua pihak menghormati dan mematuhi keputusan MK. Ini bukan hanya tentang hukum, tetapi tentang kepercayaan rakyat terhadap demokrasi," kata Dandi.

Dengan sikap tegas ini, GMNI Jambi menunjukkan komitmennya untuk terus mengawal demokrasi di Indonesia, khususnya dalam proses pemilihan kepala daerah yang akan datang.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network