Bawaslu Jambi Intensif Pantau Proses Pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Politik
IST

Bawaslu Provinsi Jambi intensif memantau proses pendaftaran Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur di KPU Jambi. Dua pasangan calon, Al Haris-Abdullah Sani dan Romi Hariyanto-Sudirman, telah resmi mendaftar dan menjalani pemeriksaan kesehatan. Bawaslu memastikan seluruh tahapan Pemilihan Serentak 2024 berjalan lancar dan sesuai aturan.


JAMBI – Sejak dibukanya pendaftaran bakal pasangan calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi pada 27 Agustus 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi aktif melakukan pengawasan langsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan setiap tahapan pendaftaran berjalan sesuai aturan dan tanpa adanya pelanggaran.

Pada hari kedua pendaftaran, pasangan Al Haris dan Abdullah Sani yang diusung oleh koalisi besar partai politik, termasuk PAN, PBB, PDI-P, Partai Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura, PKS, PKB, Perindo, PPP, Partai Buruh, dan Partai Ummat, resmi mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Jambi. Selanjutnya, di hari ketiga, pasangan Romi Hariyanto dan Sudirman yang didukung oleh Partai Nasdem, PSI, PKN, dan Partai Gelora juga melakukan pendaftaran.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin, bersama seluruh anggota Bawaslu seperti Rofiqoh Pebrianti, Ari Juniarman, Indra Tritusian, dan Muhammad Hapis, turut hadir untuk memastikan setiap tahapan pendaftaran berjalan lancar. Dalam proses ini, Bawaslu Jambi juga telah membentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Pencalonan yang bertugas memastikan kelengkapan dokumen persyaratan sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Kami memastikan kelengkapan persyaratan dokumen pencalonan dan syarat calon dipenuhi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ujar Muhammad Hapis, anggota Bawaslu yang bertanggung jawab atas pengawasan tahap pencalonan ini.

Berdasarkan hasil pengawasan, baik pasangan Al Haris-Abdullah Sani maupun Romi Hariyanto-Sudirman dinyatakan diterima oleh KPU Provinsi Jambi setelah dokumen mereka dinyatakan lengkap. Setelah mendapatkan tanda terima, pasangan Al Haris-Abdullah Sani langsung menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari yang sama, sementara pasangan Romi Hariyanto-Sudirman dijadwalkan akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari berikutnya.

"Untuk pasangan Bacalon Al Haris dan Abdullah Sani, pemeriksaan kesehatan telah dilakukan hari ini, sedangkan pasangan Romi Hariyanto dan Sudirman akan melakukan pemeriksaan besok," jelas Hapis.

Bawaslu Jambi menegaskan komitmennya untuk terus mengawasi secara ketat seluruh tahapan Pemilihan Serentak 2024, tidak hanya pada proses pencalonan. "Kami akan terus mengawasi setiap tahapan agar Pemilihan ini berjalan dengan baik, tanpa kendala atau gangguan apapun," tegasnya.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network