Sidak Megaproyek Islamic Center, Al Haris Didampingi Muzakir

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
Gubernur Jambi Al Haris meninjau progres pembangunan Islamic Center

Jambi – Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan keyakinannya bahwa mega proyek pembangunan Islamic Center Jambi senilai Rp 150 miliar itu, akan selesai tepat waktu pada akhir tahun 2024. Pernyataan ini diungkapkan setelah melihat progres pembangunan proyek multi years yang sudah mencapai 70 persen.

Keyakinan ini muncul setelah Gubernur Al Haris melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi proyek di depan Bandara Sultan Thaha pada Minggu (23/6/2024). Dalam sidak tersebut, Al Haris meninjau seluruh sisi proyek yang saat ini berada pada tahap pemasangan kerangka atap dan keramik. Gubernur Al Haris didampingi oleh Karo Umum Pemprov Jambi, Muzakir dalam kunjungan tersebut.

Saat meninjau langsung, Al Haris menyatakan optimis bangunan yang diharapkan menjadi ikon baru Jambi ini akan selesai sesuai jadwal.

“Mengingat ini kontrak sampai Desember 2024, kita lihat dari semua pekerja dengan masing-masing keahlian Insya Allah selesai,” kata Al Haris.

Untuk memastikan target tercapai, Al Haris meminta konsultan pengawas dan Dinas PUPR Provinsi Jambi untuk terus melakukan pengawasan intensif.

“Maka saya minta seluruh konsultan pengawas kemudian juga dari PU agar terus memantau, lakukan terus monitoring terhadap proyek ini,” ujarnya.

Gubernur Al Haris juga menekankan pentingnya kualitas bangunan.

“Kita berharap proyek ini selesai tepat waktu dan juga pekerjaan yang berkualitas. Saya harap stadion dan Islamic Center ini selesai dan bisa digunakan oleh masyarakat,” tegasnya lagi.

Progres pembangunan Islamic Center ini memang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada 27 Mei 2024, Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Nasrul mencatat progres mencapai 60,02 persen. Artinya, dalam waktu sebulan ada kenaikan penyelesaian pekerjaan sebesar 10 persen.

Untuk mempercepat pembangunan, telah dilakukan beberapa langkah strategis. Nasrul menyebutkan bahwa sejak tiga pekan lalu, telah ditambah satu crane tower di arah timur, selain crane yang sudah ada di barat. Penambahan crane ini bertujuan untuk mempercepat pekerjaan pengangkatan material berat.

Selain itu, jembatan akses menuju pintu gerbang sepanjang 115 meter di bagian depan proyek juga sudah tampak dibangun. Nasrul menambahkan, pekerjaan berat yang tersisa hanya tinggal struktur baja, sementara pekerjaan finishing sudah dibagi agar lebih efektif dan cepat.

Project Manager PT Karya Bangun Mandiri, Riki, juga menyatakan optimisme yang sama. Menurutnya, pihaknya telah menambah tenaga kerja sejak 13 Mei 2024 lalu untuk memastikan proyek selesai tepat waktu.

"Kami optimis selesai sesuai target," katanya.

Dengan segala upaya dan optimisme ini, Gubernur Al Haris dan tim proyek berharap Islamic Center Jambi akan segera menjadi kebanggaan baru bagi masyarakat Jambi, memberikan fasilitas yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network