Peran Strategis Pramuka dalam Pendidikan Non Formal di Jambi

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
Ist

Jambi - Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, menegaskan peran strategis Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal di Indonesia. Pernyataan ini disampaikan saat pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwartir Daerah (Kwarda) Jambi tahun 2024, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi pada Jumat malam, 21 Juni 2024.

Wagub Sani menggarisbawahi pentingnya Rakerda sebagai sarana evaluasi dan tindak lanjut dari Munas Gerakan Pramuka yang diadakan di Aceh pada Desember 2023 lalu. "Pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan merasa bangga bahwa Kwartir Daerah Jambi secara konsisten dapat melaksanakan program kerja bersama seluruh Kwartir Cabang sehingga mampu mencapai berbagai prestasi di tingkat nasional," ujarnya.

Wagub Sani menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka telah menunjukkan kiprah signifikan sejak masa perjuangan kemerdekaan hingga saat ini. "Sikap militan dan kesukarelaan dalam melaksanakan tugas tidak terkikis oleh zaman dan keadaan. Pramuka tetap berdiri tegak lurus pada pondasinya, kokoh berpijak pada tujuan, dan bergerak dinamis sesuai dengan perkembangan zaman," kata Wagub Sani.

Pemerintah daerah berharap besar agar Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang dapat bersinergi untuk mewujudkan program yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Perbanyak kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung sebagai upaya memperkenalkan hakikat pendidikan kepramukaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara," tambahnya.

Wagub Sani juga menekankan bahwa belum semua masyarakat memahami peran Gerakan Pramuka di tengah masyarakat. "Mari kita kembali memperkenalkan nilai-nilai kepramukaan kepada masyarakat secara masif," ajaknya.

Selain itu, Wagub Sani menyampaikan harapan besar agar Pramuka, Kwartir Daerah, dan Kwartir Cabang dapat bersinergi untuk mewujudkan program pengendalian organisasi yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. "Rapat kerja ini diharapkan menjadi sarana mempertajam program dan strategi dalam upaya pencapaian visi dan misi organisasi. Pertemuan rutin ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk merumuskan kebijakan dan langkah pencapaian program unggulan dan prioritas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi masa bakti 2022-2027," tutup Wagub Sani.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Sudirman, menyampaikan visi dan misi Kwarda Daerah Jambi sebagai wujud cita-cita dan rencana besar yang akan dilaksanakan bersama. "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang yang telah membantu kemajuan Pramuka di masing-masing daerah di Provinsi Jambi," ujarnya.

Rakerda Kwarda Jambi 2024 ini menjadi momentum penting bagi Gerakan Pramuka di Jambi untuk memperkuat peran dan kontribusinya dalam membangun karakter dan semangat kebangsaan di kalangan generasi muda.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network