KPU Jambi Tetapkan 3.919 Pemilih dari Suku Anak Dalam dalam DPS Pilkada Serentak 2024

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

KPU Jambi menetapkan 3.919 pemilih dari Suku Anak Dalam dalam DPS Pilkada Serentak 2024. Sosialisasi intensif akan dilakukan agar mereka menggunakan hak pilihnya.


JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 dengan jumlah total pemilih sebanyak 2.698.805 orang. Di antara pemilih tersebut, tercatat ada 3.919 pemilih yang berasal dari Suku Anak Dalam (SAD), kelompok masyarakat adat asli Jambi yang tersebar di tujuh kabupaten.

Anggota KPU Provinsi Jambi, Fahrul Rozi, mengungkapkan bahwa pendataan terhadap pemilih SAD telah dilakukan melalui proses pencocokan dan penelitian (Coklit). "Kita sudah melakukan Coklit, hasilnya terdapat 3.919 Suku Anak Dalam yang terdaftar sebagai pemilih, yang tersebar di tujuh kabupaten," ujar Fahrul Rozi pada Senin (19/8/2024).

Pemilih dari Suku Anak Dalam ini tersebar di Kabupaten Muaro Jambi, Sarolangun, Tebo, Merangin, Batanghari, Bungo, dan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Kabupaten Muaro Jambi mencatat jumlah terbanyak dengan 1.561 pemilih SAD, diikuti oleh Sarolangun dengan 863 pemilih. Di Tebo terdapat 455 pemilih, di Merangin 585 pemilih, di Batanghari 277 pemilih, di Bungo 133 pemilih, dan di Tanjabbar 45 pemilih.

Sementara itu, di empat kabupaten/kota lainnya, yakni Kerinci, Sungai Penuh, Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), dan Kota Jambi, tidak tercatat adanya pemilih dari Suku Anak Dalam.

Fahrul Rozi juga menekankan bahwa data ini masih bersifat dinamis dan bisa berubah saat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Data ini masih dinamis, dan masih bisa berubah saat penetapan DPT," jelasnya.

KPU Provinsi Jambi juga berkomitmen untuk melakukan sosialisasi yang intensif kepada masyarakat SAD, dengan harapan mereka akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada yang dijadwalkan pada 27 November 2024. Mengingat SAD adalah kelompok masyarakat yang kerap terpinggirkan, upaya ini penting untuk memastikan mereka dapat berpartisipasi penuh dalam proses demokrasi.

Keberadaan pemilih dari Suku Anak Dalam dalam DPS ini mencerminkan inklusivitas dalam proses pemilihan umum di Provinsi Jambi. Tantangan ke depan adalah memastikan bahwa mereka, sebagai bagian dari masyarakat adat yang hidup dalam kondisi sosial dan budaya yang berbeda, dapat memahami dan menggunakan hak pilih mereka secara efektif.(*)

Comments

Permalink

Hello!

Do you want to become the best SEO specialist and link builder or do you want to outpace your competitors?

Premium base for XRumer
$119/one-time
Get access to our premium database, which is updated monthly! The database contains only those resources from which you will receive active links - from profiles and postings, as well as a huge collection of contact forms. Free database updates. There is also the possibility of a one-time purchase, without updating the databases, for $38.

Fresh base for XRumer
$94/one-time
Get access to our fresh database, updated monthly! The database includes active links from forums, guest books, blogs, etc., as well as profiles and activations. Free database updates. There is also the possibility of a one-time purchase, without updating the databases, for $25.

GSA Search Engine Ranker fresh verified link list
$119/one-time
Get access to our fresh database, updated monthly! The fresh database includes verified and identified links, divided by engine. Free database updates. There is also the possibility of a one-time purchase, without updating the databases, for $38.

GSA Search Engine Ranker activation key
$65
With GSA Search Engine Ranker, you'll never have to worry about backlinks again. The software creates backlinks for you 24 hours a day, 7 days a week. By purchasing GSA Search Engine Ranker from us, you get a quality product at a competitive price, saving your resources.

To contact us, write to telegram https://t.me/DropDeadStudio

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network