Disdukcapil Sungai Penuh Intensifkan Perekaman e-KTP Pemilih Pemula Jelang Pilkada 2024

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Daerah
IST

Menjelang Pilkada serentak 2024, Disdukcapil Kota Sungai Penuh mempercepat perekaman e-KTP bagi pemilih pemula. Dengan target 2.600 warga, langkah ini memastikan hak pilih masyarakat dalam pesta demokrasi.


Sungai Penuh — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sungai Penuh tengah mempercepat pembuatan dan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi para pemilih, khususnya pemilih pemula.

Sasaran utama perekaman ini adalah para remaja dan pelajar yang sudah mencapai usia 17 tahun, sehingga dapat terdaftar sebagai pemilih resmi dalam Pilkada. Sekretaris Disdukcapil Kota Sungai Penuh, Anasdi Anas, menekankan pentingnya langkah ini untuk memastikan partisipasi mereka dalam pesta demokrasi mendatang.

“Kami telah secara intensif mengirimkan surat imbauan kepada masyarakat, terutama mereka yang belum memiliki e-KTP. Perekaman dapat dilakukan mulai usia 16 tahun, dan kartu fisiknya akan diterbitkan saat yang bersangkutan berusia 17 tahun,” ujar Anasdi, Senin (30/9).

Ia juga menjelaskan bahwa Disdukcapil telah menyisir sejumlah sekolah menengah atas (SMA) serta mengadakan layanan khusus untuk kelompok yang belum memiliki KTP, termasuk penyandang disabilitas, lansia, dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). "Upaya kami akan terus berlanjut hingga target 2.600 warga yang ditetapkan untuk perekaman KTP tercapai sebelum Pilkada," tambahnya.

Selain itu, layanan perekaman e-KTP juga disebar ke seluruh kecamatan di Kota Sungai Penuh, agar masyarakat memiliki akses yang lebih mudah. "Harapan kami adalah seluruh warga yang belum melakukan perekaman dapat segera terlayani, karena KTP ini tidak hanya menjadi syarat untuk memilih, tetapi juga penting untuk akses layanan pemerintah lainnya," pungkas Anasdi.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network