Jalan Berlubang di Sunan Gunung Jati Ancam Keselamatan Warga

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
Ilustrasi Jambi Satu

Jambi – Jalan Sunan Gunung Jati, yang terletak di Kelurahan Kenali Asam, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, kini menjadi momok bagi warga sekitar. Lubang-lubang menganga yang memenuhi jalan tersebut telah menimbulkan kekhawatiran serius tentang keselamatan pengguna jalan.

Syarif, warga RT 23 Kelurahan Kenali Asam, yang setiap hari melintasi jalan ini, mengungkapkan betapa mengkhawatirkannya kondisi jalan tersebut. "Banyak lubang di beberapa ruas jalan yang tidak hanya dalam tetapi juga membuat jalan terlihat bergelombang dan sangat membahayakan," ujar Syarif pada Minggu (21/7/2024). "Ibu jalan paling dalam berada di simpang menuju hutan kota, saya hampir terjatuh beberapa kali di sana," tambahnya.

Kondisi memprihatinkan tidak hanya terjadi di jalan utama. Sambungan antara Jalan Sunan Gunung Jati dan gang di sebelah SD 212 juga dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Lubang-lubang yang dalam dan panjang di area ini sering kali menyebabkan kemacetan dan menambah risiko kecelakaan bagi pengendara motor.

Hidayat, warga lainnya, turut mengungkapkan kekhawatirannya. Lubang di sekitar RT 13 dan jembatan di Jalan Sunan Gunung Jati menjadi fokus keluhannya. "Walaupun tidak terlalu dalam, lubang di sekitar RT 13 cukup banyak dan mengganggu pengendara dari dua arah," katanya. Sementara itu, lubang di jembatan, terutama di bagian penanjakan, dianggap sangat berbahaya. "Lubang di jembatan itu sangat berbahaya, terutama di bagian penanjakan. Bisa menyebabkan kecelakaan serius," ungkapnya.

Lurah Kenali Asam, Haliludin, membenarkan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari warga mengenai kondisi jalan yang berlubang di Jalan Sunan Gunung Jati. "Ikhtisar kondisinya sudah dilaporkan ke pihak terkait, termasuk Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi," ungkapnya. Haliludin menyatakan bahwa pihak kelurahan telah melakukan pengecekan ke lokasi bersama warga dan perangkat pemerintahan setelah sholat subuh beberapa waktu lalu.

Menurut Haliludin, Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi telah berjanji untuk segera melakukan perbaikan atas kondisi jalan yang memprihatinkan tersebut. "Kami berharap dinas terkait segera mengambil tindakan, mengingat kondisi jalan ini sangat membahayakan pengguna jalan," tambahnya.

Kondisi Jalan Sunan Gunung Jati yang dipenuhi lubang-lubang besar bukan hanya sekadar gangguan kenyamanan, tetapi juga ancaman serius bagi keselamatan pengendara. Langkah cepat dan tepat dari dinas terkait sangat diperlukan untuk mengatasi masalah ini sebelum memakan korban lebih banyak. Semoga dengan adanya laporan dari warga dan perhatian dari pemerintah, perbaikan jalan dapat segera dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan bagi semua pengguna jalan.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network