Jambi Bersinar: Sinergi Pemerintah dan Masyarakat dalam Memerangi Narkoba

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

Jambi - Upacara Jambi Bersinar (Jambi Bersih dari Narkoba) yang diprakarsai oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi berlangsung khidmat di lapangan Gubernur Jambi. Pada pagi hari Rabu, 17 Juli 2024, ratusan peserta dari berbagai organisasi masyarakat (Ormas) diundang untuk berpartisipasi, termasuk anggota Forum Komunikasi Ormas (Forkom) Provinsi Jambi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H. Sudirman, SH, MH, memerintahkan Ketua Forkom, Adean Teguh, ST, SH, untuk mengutus pengurus dan anggota mengikuti upacara tersebut. Selain menghadiri, Forkom juga turut mengisi acara dengan pembacaan Ikrar Anti Narkoba. Pembacaan ikrar ini dilaksanakan dengan baik oleh anggota Forkom dari Ormas Gerakan Anti Narkoba dan Zat Adiktif Nasional (GARNIZUN) Provinsi Jambi.

Ketua Dewan Pimpinan GARNIZUN Provinsi Jambi, Raden Syah Iran Syam, yang akrab disapa Ian, menyambut baik upacara tersebut. Menurut Ian, upacara Jambi Bersinar tidak hanya memberikan pandangan tentang bahaya narkoba pada kehidupan Aparatur Sipil Negara (ASN) tetapi juga mendorong kerjasama antarstakeholder dan kepala OPD pemerintahan baik di provinsi, kabupaten, maupun kota untuk memberantas peredaran narkoba.

"Keterlibatan ASN sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Tempat-tempat yang terindikasi menjadi basecamp penggunaan narkoba harus ditertibkan dengan program-program pemerintahan yang mampu mengubah pola kehidupan masyarakat menjadi lebih peduli akan bahaya narkoba," ujar Ian.

Ian menambahkan bahwa GARNIZUN telah aktif melakukan aksi-aksi pencegahan dan penanggulangan narkoba melalui sosialisasi, dialog, dan informasi kepada masyarakat. Dari kegiatan tersebut, mereka mendapatkan informasi tentang beberapa tempat yang dicurigai menjadi basecamp penggunaan dan perdagangan gelap narkoba.

"Menanggapi informasi ini, kami tidak melakukan aksi unjuk rasa atau demonstrasi karena setiap pihak memiliki tanggung jawab masing-masing dalam memerangi peredaran narkoba. Kami sebagai Ormas anti narkoba tidak memiliki wewenang penuh untuk melakukan aksi yang melampaui batas dari tupoksi sebagai pemerhati sosial kemasyarakatan," jelas Ian.

Ian juga menekankan pentingnya respons cepat dari aparat penegak hukum terhadap informasi yang diberikan oleh masyarakat. "Informasi yang diberikan masyarakat kepada aparat penegak hukum harus disikapi dengan tindakan nyata, bukan hanya retorika," tutupnya.

Upacara Jambi Bersinar menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi antara pemerintah, Ormas, dan masyarakat dalam perang melawan narkoba. Dengan kerjasama yang baik, diharapkan Provinsi Jambi dapat terbebas dari ancaman narkoba, menciptakan lingkungan yang aman dan sehat bagi seluruh warganya.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network