Gerindra Dikabarkan Dukung Al Haris di Pilgub Jambi, Ini Penjelasan SAH Ketua DPD Gerindra Jambi!

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

Partai Gerindra dikabarkan merapat ke Al Haris-Sani di Pilgub Jambi 2024. Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (SAH), membocorkan kisi-kisi terkait keputusan ini, yang menyebut elektabilitas dan sinergi Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi kunci dukungan Gerindra. Keputusan final akan diumumkan sesegera mungkin.

***

Beredar kabar Partai Gerindra mendukung Al Haris dalam Pilgub Jambi 2024. Kabar ini mencuat setelah sebuah unggahan viral di akun TikTok pribadi Reysal F Luvic, sejak Senin, 5 Agustus 2024.

Unggahan itu menampilkan daftar gubernur pilihan Prabowo di Pulau Sumatera. Termasuk salah satunya nama Al Haris sebagai calon Gubernur Jambi. Postingan tersebut menyebutkan beberapa nama calon gubernur di Sumatera yang didukung oleh koalisi partai yang melibatkan Gerindra.

Nama-nama tersebut di antaranya:

  • Bobby Nasution untuk Sumatera Utara
  • Mahyeldi untuk Sumatera Barat
  • Al Haris untuk Jambi
  • Mawardi Yahya untuk Sumatera Selatan
  • Ansar Ahmad untuk Kepulauan Riau
  • Erzaldi Rosman Djohan untuk Bangka Belitung
  • Rahmat Mirzani Djausal untuk Lampung
  • Muhammad Nasir untuk Riau
  • Muzakir Manaf untuk Aceh

Sejak diunggah pada hari Senin, postingan ini langsung mendapatkan banyak perhatian, like, dan komentar dari pengguna TikTok lainnya. Pemilik akun terlihat memposting foto dirinya bersama Prabowo Subianto.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (SAH), dikonfirmasi tim Jambi Satu/Jambi Link Kamis 8 Agustus 2028, malam ini, memberikan beberapa petunjuk terkait keputusan dukungan Gerindra ini.

"Kami berpedoman pada Koalisi Indonesia Maju (KIM)," jelasnya.

Menurut SAH, penunjukan calon gubernur merupakan keputusan di tingkat ketua partai. Sebelum keputusan diambil, tentu akan melibatkan banyak pertimbangan.

"Harus cerdas membaca tanda-tanda," ujarnya.

SAH, lalu sedikit memberi gambaran, bahwa ada kandidat yang sudah melakukan koordinasi dengan semua partai politik. Ia menyebut ini ikhtiar yang baik. Koordinasi yang baik dengan ketua partai adalah kunci keberhasilan. SAH lalu menekankan pentingnya bersikap realistis dalam kondisi saat ini.

Stabilitas Nasional dan Elektabilitas

SAH yakin ketua umum partai ingin menjaga stabilitas nasional. Pilihan kandidat tentu tidak sembarangan. Elektabilitas menjadi faktor penentu.

"KIM, termasuk Gerindra pasti mencari kandidat dengan elektabilitas tinggi," tegasnya.

Saat ini, kata SAH, komunikasi sedang berlangsung di tingkat ketua partai, terutama dalam lingkup KIM. KIM adalah koalisi partai pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Tiga partai dalam poros utama KIM adalah Gerindra, Golkar dan PAN.

Menurut SAH, posisi gubernur dianggap sebagai perwakilan pemerintah pusat. Jadi, pertimbangannya sangat hati-hati.

"Harus ada sinergi," ujarnya.

Kandidat yang bisa sejalan dengan visi dan misi Prabowo sebagai Presiden RI akan diprioritaskan untuk didukung.

Koalisi Indonesia Maju Bersatu di Pilgub Jambi

Bagaimanapun, SAH berharap KIM bisa bersatu di Pilgub Jambi. Salah satu indikator utama adalah survei.

"Kandidat dengan survei tinggi pasti jadi pertimbangan KIM," paparnya.

Zulkifli Hasan, Ketum PAN, sudah berkoordinasi dengan ketua partai lain. Termasuk dengan Prabowo.

"Agar KIM bersatu dan berkoalisi di Pilgub Jambi," kata SAH.

Keputusan Final Sebelum 27 Agustus

Keputusan final dukungan Gerindra akan diumumkan sebelum 27 Agustus. "Kita di daerah masih menunggu keputusan pusat," jelasnya. Ia memastikan tidak akan melewati tanggal tersebut.

Penentuan dukungan mungkin menunggu momen yang tepat. "Siapa yang dekat dengan ketua partai, itu yang cenderung dipilih," ungkap SAH.

Koordinasi yang baik dan kemampuan penerjemahan program pusat adalah kunci. "Apalagi dengan pemerintahan yang dikomandoi KIM. Kandidat yang dekat dengan KIM pasti akan jadi prioritas," tambahnya.

Al Haris Unggul dalam Survei

Diketahui, dari dua kandidat yang ada, elektabilitas petahana Al Haris jauh melampaui penantangnya. Ini menjadi salah satu faktor pertimbangan penting bagi KIM dalam menentukan dukungan.

"Keputusan harus berdasarkan data yang kuat," ujar SAH menutup wawancara. Kabar dukungan Gerindra untuk Al Haris semakin menguat, menambah dinamika politik jelang Pilgub Jambi 2024.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network