PPDB SMA di Provinsi Jambi Berjalan Tertib

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

Jambi - Dalam upaya memastikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Provinsi Jambi berjalan tertib dan bebas dari pelanggaran, Tim Saber Pungli Provinsi Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa SMA di Kota Jambi pada Selasa, 9 Juli 2024.

Tim yang tergabung dari Aparat Kepolisian Polda Jambi dan Inspektorat Provinsi Jambi ini dipimpin oleh Katim Pokja Pencegahan Saber Pungli, AKBP Mustopa Kholil. Saat dikonfirmasi, Mustopa menyatakan bahwa sidak dilakukan guna memastikan kepatuhan penuh terhadap aturan yang telah ditetapkan.

"Tim Pokja Pencegahan Saber Pungli Provinsi Jambi melakukan sidak ke beberapa sekolah yang dianggap rawan terjadinya pungli terhadap penerimaan murid baru di Kota Jambi. Kami mengecek langsung kegiatan penerimaan dan melakukan konfirmasi ke sekolah-sekolah. Adapun yang menjadi sasaran sidak yaitu SMAN 1, SMAN 5, dan SMKN 1 Kota Jambi," ujarnya.

Dalam sidak ini, Tim Pokja Pencegahan Saber Pungli Provinsi Jambi menegaskan agar para guru dan panitia penerimaan murid baru berkomitmen tidak melakukan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam penerimaan siswa baru. Mereka diingatkan akan adanya sanksi sesuai aturan yang berlaku jika terbukti melanggar.

"Diharapkan dengan adanya sidak ini, proses PPDB di Provinsi Jambi dapat berlangsung dengan lancar dan transparan, serta memberikan jaminan keadilan bagi seluruh calon siswa yang mendaftar. Tim Pokja Pencegahan Saber Pungli Provinsi Jambi juga menegaskan komitmennya untuk terus mengawasi dengan ketat jalannya PPDB guna mencegah terjadinya potensi polemik di masyarakat," tambah Mustopa.

Dalam sidak tersebut, tim tidak hanya melakukan pengecekan administrasi dan proses penerimaan, tetapi juga mengadakan dialog langsung dengan panitia PPDB di sekolah-sekolah yang disidak. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak ada celah untuk praktik pungli.

Pihak Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi juga meminta masyarakat untuk melaporkan jika menemukan adanya pelanggaran dalam penerimaan PPDB ke aplikasi Si Duli agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat.

Sidak yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap proses PPDB di Provinsi Jambi, sehingga seluruh tahapan penerimaan siswa baru dapat berjalan dengan tertib, transparan, dan adil. Hal ini sekaligus menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem pendidikan di daerah tersebut.

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network