Rapat Pleno KPU Jambi: Rekapitulasi Penghitungan Suara Ulang di TPS 2 dan TPS 4 Desa Kembang Sri

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

ambi – Dalam rangka menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Ulang (PSU) tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel BW Luxury Jambi, Sabtu (6/7/24).

Penghitungan hasil PSU dilakukan di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni TPS 2 dan TPS 4 Desa Kembang Sri, Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari. Ketua KPU Provinsi Jambi, Iron Sahroni, menjelaskan bahwa proses rekapitulasi suara yang dilakukan hari ini tidak berbeda dengan penghitungan pada pemilu sebelumnya.

Iron menegaskan, “Proses rekapitulasi ini sama dengan yang kita laksanakan pada pemilu sebelumnya, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Perbedaannya hanya pada judulnya saja yang berbeda,” katanya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan hasil rekapitulasi ini kembali dibawa ke MK, Iron menjelaskan bahwa pihaknya masih menjalankan regulasi dalam penghitungan suara. “Kita lihat nanti, dalam regulasinya, partai yang tidak puas dengan hasilnya bisa mengajukan gugatan keberatan ke MK,” ujarnya.

Iron juga menyampaikan bahwa proses penghitungan ulang ini berjalan dengan baik, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan. “Pasca putusan MK, kami sudah mengambil langkah-langkah konkret, mulai dari mempersiapkan perangkat penyelenggaraan, petugas, bimtek dan lain sebagainya,” terangnya.

Ia menambahkan, proses rekapitulasi ini dilakukan secara terbuka. “Kami mengundang parpol, instansi pemerintah, dan rekan-rekan media untuk hadir,” ungkapnya.

Informasi dari lokasi menyebutkan bahwa penghitungan suara akan dilakukan setelah istirahat, yakni pada pukul 14.00 WIB hingga selesai. Suasana di Hotel BW Luxury Jambi terlihat penuh dengan perwakilan partai politik, pengawas pemilu, dan media yang siap memantau jalannya rekapitulasi suara ulang tersebut.

Dalam suasana yang penuh ketegangan, semua pihak berharap hasil rekapitulasi ini dapat memberikan kejelasan dan kepastian yang lebih baik terkait hasil pemilu di Desa Kembang Sri. “Kita berharap proses ini berjalan lancar dan transparan, sehingga hasilnya dapat diterima oleh semua pihak,” tutup Iron Sahroni.

Dengan berjalannya proses rekapitulasi ini, KPU Provinsi Jambi menunjukkan komitmennya untuk menjalankan putusan MK dan memastikan pemilu yang jujur dan adil. Semua mata tertuju pada hasil rekapitulasi ini, yang diharapkan dapat segera menyelesaikan sengketa pemilu di wilayah tersebut.

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network