MTQ ke-53 Tingkat Provinsi Jambi Resmi Dimulai, Gubernur Al Haris Buka di Dermaga Danau Kerinci

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

MTQ ke-53 Provinsi Jambi resmi dibuka oleh Gubernur Al Haris di Dermaga Danau Kerinci. Ajang ini disambut antusias masyarakat dan diharapkan mampu meningkatkan syiar Islam di Jambi.


Kerinci – Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 Tingkat Provinsi Jambi resmi dibuka oleh Gubernur Jambi, Al Haris, pada Jumat (20/09/2024) malam. Acara ini berlangsung meriah di Dermaga Danau Kerinci dan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Abdullah Sani, serta para kepala daerah dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya, Gubernur Al Haris menekankan pentingnya MTQ sebagai syiar Islam yang selalu disambut dengan antusias oleh masyarakat Jambi. Menurutnya, setiap kali ajang MTQ digelar, baik di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa, masyarakat selalu hadir dengan penuh semangat untuk menyaksikan dan mendukung peserta.

“MTQ memiliki nilai yang sangat positif di mata masyarakat. Animo mereka luar biasa, dan ini menunjukkan bahwa ajang ini tidak hanya sebagai perlombaan, tetapi juga bentuk syiar agama Islam yang diterima baik oleh semua kalangan,” kata Al Haris.

Gubernur Al Haris juga menyebutkan bahwa Provinsi Jambi telah menunjukkan prestasi yang baik di ajang MTQ Nasional. Namun, ia menambahkan bahwa masih banyak ruang untuk peningkatan. Salah satu langkah penting yang sedang dilakukan adalah pembangunan Islamic Center di Jambi, yang direncanakan selesai pada akhir tahun ini. Islamic Center tersebut nantinya akan memiliki Al Qur’an Center yang diharapkan menjadi pusat pengembangan seni baca Al Qur’an di Jambi.

“Kita akui, Jambi minim pusat pendidikan seni baca Qur’an. Banyak qori kita yang mengasah kemampuan hanya ketika mendekati MTQ. Dengan adanya Islamic Center ini, kita harap bisa mencetak kader qori dan qoriah sejak dini, sehingga Jambi bisa berprestasi lebih baik, bahkan di tingkat internasional,” tambah Al Haris.

Lebih jauh, Al Haris berharap ajang MTQ tidak hanya menjadi tontonan semata, tetapi juga menjadi motivasi bagi masyarakat untuk lebih giat dalam membaca dan memaknai Al Qur'an. Ia juga mengajak para orang tua untuk menanamkan nilai-nilai agama kepada anak-anak mereka sejak dini.

“Saya berpesan kepada masyarakat, khususnya orang tua, untuk menanamkan ilmu agama kepada anak-anak kita. Minimal, anak-anak kita bisa membaca doa sebagai bekal untuk menjadi generasi yang berakhlak mulia,” ujarnya.

Selain menyampaikan pesan tentang pentingnya MTQ, Al Haris juga mengimbau seluruh masyarakat Jambi, khususnya para pimpinan daerah dan kandidat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), untuk menjaga situasi Jambi tetap aman dan kondusif.

“Mari kita semua menjaga suasana yang aman dan damai di Jambi. Pembangunan daerah akan lebih mudah tercapai jika situasi kita kondusif. Itu harus menjadi prioritas kita bersama,” tutup Al Haris.

Dengan dibukanya MTQ ke-53 ini, diharapkan syiar Islam semakin masif di Provinsi Jambi dan dapat menjadi motivasi bagi generasi muda untuk lebih mendalami Al Qur'an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network