PKB Tegas Akan Beri Sanksi Kader yang Membelot di Pilkada Kerinci, Termasuk Pemecatan

Oleh: jambi1
Pada : WIB
Rubrik
Berita
IST

PKB siap memberikan sanksi tegas, termasuk pemecatan, bagi kader yang tidak mendukung pasangan calon H Tafyani Kasim dan Ezi Kurniawan di Pilkada Kerinci 2024. Kasus pembelotan kader akan diusut oleh tim investigasi partai.


Kerinci – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan akan memberikan sanksi berat bagi kader partainya yang tidak mendukung pasangan calon yang diusung oleh PKB dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kerinci 2024. Calon yang diusung oleh PKB untuk Pilkada Kerinci adalah H Tafyani Kasim dan Ezi Kurniawan (HTK-Ezi).

Sekretaris DPW PKB Jambi, Elpisina, menyatakan bahwa partai akan melakukan tindakan tegas kepada kader yang terbukti tidak patuh terhadap keputusan partai. Ia menyoroti adanya kasus kader yang tidak sejalan dengan calon yang diusung oleh PKB, dan hal ini menurutnya akan menjadi fokus penyelidikan oleh tim investigasi partai.

“Kalau oknum kader terbukti bersalah, maka akan dikenakan sanksi sesuai AD/ART dan Peraturan Partai PKB. Sanksi terberat adalah pemecatan dari keanggotaan dan kepengurusan PKB, serta bagi kader yang menjabat anggota DPRD, akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW),” tegas Elpisina pada Jumat (20/09/2024).

Pernyataan tegas ini muncul setelah berkembangnya berita bahwa salah satu kader PKB di Kabupaten Kerinci, Mensediar, diduga membelot dan tidak mendukung calon yang diusung PKB. Mensediar dikabarkan mendukung Monadi, salah satu calon lain di Pilkada Kerinci.

Ketua DPC PKB Kabupaten Kerinci, Heri Zaldi, juga mengungkapkan sikap partai yang jelas terkait hal ini. Menurutnya, setiap kader PKB harus tegak lurus dan mematuhi keputusan partai, meskipun partai menghargai pilihan politik individu.

“Mengenai keyakinan pilihan politik beliau, kita sangat menghargai. Namun sebagai kader, harus patuh dan tegak lurus kepada keputusan partai,” ujar Heri Zaldi.

PKB, lanjut Heri, tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas, termasuk pemecatan, kepada kader yang berani membelot. "Sesuai dengan instruksi dari DPP, akan ada sanksi tegas bagi kader yang tidak mengikuti instruksi, termasuk untuk Mensediar," lanjutnya.

PKB secara resmi mengusung pasangan H Tafyani Kasim dan Ezi Kurniawan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kerinci dalam Pilkada 2024. Keputusan ini telah disahkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, dan seluruh kader diharapkan mendukung penuh pasangan tersebut.

Elpisina menambahkan bahwa PKB sangat serius dalam memastikan soliditas kader pada musim Pilkada ini. Tim investigasi akan bekerja untuk memastikan tidak ada kader yang melenceng dari keputusan partai. Setiap pelanggaran yang ditemukan akan ditindak sesuai dengan peraturan internal partai.

Dengan langkah ini, PKB berharap dapat menjaga integritas dan kekompakan partai dalam menghadapi Pilkada Kerinci 2024, serta memastikan kemenangan pasangan yang telah diusung.

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network